QR Barcode

Apa itu QR barcode? QR berasal dari singkatan Quick Response yang pada awalnya digunakan pada manufaktur kendaraan. Jadi tinggal menggunakan handphone dan scan pada QR barcode, akan di ketahui arti barcode tersebut.
QR barcode menurut wikipedia adalah matriks barcode yang dibaca oleh QR scanner, ponsel berkamera dan smartphone. Kode QR ini terdiri dari titik hitam yang tersusun dengan pola persegi dan dengan latar belakang berwarna putih. Informasi yang ada di barcode QR dapat berupa teks, url maupun data lainnya.
Di Jepang, QR barcode ini sudah ada sejak tahun 1994. Sedangkan di Indonesia? QR Barcode ini tampaknya baru merajalela atau sering digunakan pada tahun 2009-2010. Kita dapat melihat QR Barcode ini di Koran Kompas, bahkan sampai ke billboard salah satu merek frozen yoghurt.
Kelatahan ini membuat QR barcode semakin banyak di gunakan perusahaan bahkan oleh orang awam biasa. Apalagi QR Barcode ini dapat di gunakan di Blackberry, Android dan ponsel berkamera biasa. Di mbah google, kita dapat menemukan beberapa web serta aplikasi untuk membuat barcode QR dan menerjemahkan QR barcode menjadi tulisan yang dapat dibaca.
Tapi, yang di bahas disini bukan QR Barcode yang sangat sistematis. Namun, kegunaan dari QR Barcode yang dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.
QR barcode dapat digunakan untuk teks, url dan lain-lain. Seperti QR barcode di bawah ini.
qrcode
QR barcode ini artinya adalah http://michele4u.blogspot.com . Cara buatnya? Anda tinggal masuk ke salah satu situs yang menyediakan aplikasi untuk membuat QR barcode seperti yang digunakan pada blog ini adalah http://qrcode.kaywa.com/ atau http://invx.com/ (pada web ini, QR barcode dapat di buat berwarna sesuai dengan pilihan) . Tinggal memasukan sesuatu yang dikehendaki, generate dan tinggal dipakai pada blog, web maupun untuk di cetak.
artinya Michele Vannessha
Cara membaca QR barcode juga tidak sulit lagi. Tidak perlu membeli BB atau HP android atau HP berkamera untuk di baca. Di web juga terdapat aplikasi yang membaca barcode tersebut, yaitu http://zxing.org/w/decode.jspx .
Anda dapat menggunakan QR Barcode untuk identitas blog, web, FB, atau dicetak dan ditempel pada mobil, Hape dan masih banyak lagi. Selain itu, dapat juga digunakan untuk menulis surat cinta dengan QR barcode (gw dapat surat cinta dalam bentuk QR barcode dan menjadi inspirasi menulis blog tentang ini.. πŸ˜€ )atau dapat digunakan untuk blogging loh.. Seperti di bawah ini:
qrcode
Ini adalah tulisan blog tentang QR barcode..
Selain untuk harga, identitas, surat cinta, blog, bahkan isi blog! Bisa juga digunakan untuk mencontek loh! Canda! hehehehe…..
akankah ke depannya QR barcode ini berkembang? seiring perkembangan teknologi dan latahnya orang, mungkin saja berkembang. Ditambah keunikannya di banding barcode biasa berupa angka-angka.
Sekian tentang QR Barcode, selamat mencoba.. πŸ™‚
Thanks to Dwi Prawira atas surat cinta dalam bentuk QR Barcode.. πŸ˜€

8 Replies to “QR Barcode”

  1. @ Noel- Loebis..
    thanks.. πŸ™‚
    bayar royalti ye.. blog u ikut2 an pake qr code.. πŸ˜€

    @ nova..
    salam kenal nova.. ^^
    sama2.. saya juga pertama bingung ketika diberi qr code ini..
    sampai akhirnya saya mencoba googling..
    dan menemukan aplikasi terkait.. ^^
    enjoy.. πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *