NEW MOM : Part 7 – Lemak ASI

Hi Mom & Dad.. 🙂

Idaman  ❤
Daddy on Duty  ❤

Kembali lagi, saya akan membahas perihal ASI. Kali ini, saya akan membahas lemak asi dimana pada saat saya mengalami ini dan saya googling, saya banyak menemukan referensi website di luar negeri.

Apa sih itu lemak asi? Seperti yang mom & dad ketahui, ASI terbagi menjadi dua yaitu hindmilk dan foremilk. Setiap asi yang dihasilkan akan berbeda, ada yang dominan hindmilk, ada juga yang dominan foremilk.

20171201_195051
Nah, minggu ke 2 saya memberikan asi, ada yang berbeda dan membuat saya beserta sus bingung.
Saya melakukan aktivitas pompa asi dan direct breastfeeding pada si kecil setiap 2 jam sekali. Pada saat saya melakukan aktivitas pompa, masih seperti biasa dan tidak ada yang berbeda. Namun, ketika saya menuangkan asi yang saya pompa ke botol dot yang akan disimpan, tiba-tiba terdengar suara “Plung” dan sus saya langsung kaget karena dia melihat segumpal Puding / Jelly yang ikut tertuang dari botol pompa ke botol dot.

Seketika langsung serumah kebingungan, mulai dari saya, suami, sus, ortu sampai mertua.. Kok bisa ada puding di dalam Asi yang di pompa? Saking tidak percaya, akhirnya kami tuang kembali asi dari botol dot ke botol pompa dan kembali lagi terlihat puding bewarna sama persis dengan asi yang ikut tertuang beserta dengan suara “plung”.

Dalam hati, kok saya tidak merasakan apa-apa ya ketika puding ini keluar beserta asi dari payudara dan kapan keluarnya? Suami saya pun langsung googling dan saya pun langsung whatsapp ke DSA & SPOG untuk menanyakan perihal Asi yang ada puding / jelly ini, sampai saya wa ke beberapa teman saya yang sudah mempunyai anak, untuk mendapatkan jawaban.

Hasilnya?

weird jelly-like substance in breastmilk?

I EP and last night while I was pouring breastmilk from one container to another, I heard a slight kerplunk and noticed a little splash.  I decided to pour it back to the first container and had the same result.  Upon examining it further, I noticed that there was a few what I can only describe as “jelly-like” substances in my milk – almost slimy and clear.  And not even like a hard jelly consistency, but more like… and this will sound a little gross, but like snot?  Anyone else have had this happen to them?  It happened at my 1am pumping session as well as my 6am pumping session and now I’m wondering how long it has been occuring…  Is this something that I should be concerned about?

I am also posting this on the breastfeeding board.

Jelly-like blob

Cal85
Posted 02/05/2014

I woke up this morning and knew I had a plugged duct. I was very sore on my left side and had a big hard mass across the top of my breast. I kept trying to pump it at different times during the day but it wouldn’t clear, until finally tonight it did. When I went to pour the milk that I pumped from that side into a bag, a big jelly-like blob (probably the size of half-dollar) was in the milk. I still have a little hardness on that side so I expect it to clear up more tomorrow. But I have a few questions that I will ask my doctor in the morning, but wanted to check in here for now and see if anyone can offer some insight. Is this more like mastitis based on what came out of my breast, or just a plugged duct? Should I be concerned for my baby because I don’t know if she has consumed any of this before I noticed it tonight…she is only 3 weeks old, but came 3 weeks early. Do I need antibiotics or are they unnecessary since I don’t have a fever or any other symptoms of infection? Is the jelly-like blob a symptom of infection?? I tried looking it up online but I’m still unclear. Thanks to anyone who can offer advice.

Posted 02/05/2014

The first week or two I was pumping with this LO (little one) I got those all the time! Like, half the bottle would look like white scrambled eggs. LO (little one) ate it fine, but a couple of times it clogged the bottle nipple.

Posted 02/05/2014

It is not at all harmful, just extra fatty.  We also had them clog up bottle nipples so I got to the point where I would try to break them up.

StarlaNew Member

Hi, I’m new here. Need advise if anyone here has experienced having clumpy breast milk. For the past 2 days I noticed my expressed milk has clumps in it. It’s substance like toufu which doesn’t mix within the milk itself. I’m not sure if this is safe for my baby’s consumption. I’ve been filtering out these clumps by scooping them out manually.. Should I see a professional for this??

 

Berdasarkan hasil googling, banyak juga mom yang menghasilkan puding/jelly/tofu pada asi mereka. Bagaimana dengan pendapat dari DSA dan SPOG? Mereka tidak menjelaskan apa itu dan mereka hanya mengatakan tidak masalah untuk diberikan kepada bayi.

Awalnya, saya ragu untuk memberikan asi yang ada puding/jelly/tofu tersebut kepada Princeton, sampai akhirnya saya lebih memilih memberikan sufor kepada Princeton dan menunggu sesi pompa berikutnya untuk memastikan apakah ada puding/jelly/tofu tersebut. Ternyata, hasilnya tetap sama. Hampir semua hasil pompa, selalu ada puding tersebut. Akhirnya, saya coba memberikan asi yang mengandung puding tersebut kepada Princeton. Hasilnya, Princeton tetap minum dan tidak menunjukkan reaksi apa-apa. Secara logika sih, tidak masalah untuk diberikan kepada si kecil, ini kan karena di pompa makanya ketahuan.. Coba kalau sikecil direct breastfeeding, mana kita tau kan ada puding / jelly.

Namun, yang menjadi kendala pada puding di ASI ini adalah, puding ini nyangkut di dot. Sama seperti yang dialami salah satu mom di atas, puding tersebut nyangkut kepala dot dan si kecil kesulitan untuk menyedot asi nya sehingga si kecil pun menangis dan ngamuk.

Saya coba menggunakan salah satu saran, untuk perlahan memutar-mutar botol susu, agar puding tidak menggumpal, namun hasilnya nihil. Mau saya sendokin, saya takut si kecil tersedak. Akhirnya, setiap kali si puding/jelly ini nyangkut di kepala dot, saya dan sus terpaksa membuka dan membuang si puding/jelly ini.

Berapa lama puding / jelly / tofu (kadang saya sebut puyo, karena beneran mirip banget sama si puyo :D), ini menghilang?
Sampai saya akhirnya berhenti pompa. Jadi, dari minggu ke 3 tersebut sampai Princeton usia 1 tahun, dimana saya terakhir pompa. Puding ini tetap ada di asi saya. Hanya jumlahnya saja yang berbeda, kadang banyak atau kadang sedikit.

Bahkan pada asi yang dihangatkan, si puding ini pun tidak meleleh.. Dan tetap menjadi puding..

Bentuknya kayak gimana sih si puding ini? Berikut saya share beberapa foto dan video si puding asi ini ya mom & dad.

20170907_162628.jpg
Lemak Asi / Puding yang selalu tersangkut di kepala dot

20171220_21251020171220_212631asi 1asi 2asi 3asi 4

Lemak Asi yang tersangkut di valve Medela
Lemak Asi yang tersangkut pada Valve Pompa Asi Medela. 

Pertama kali saya menggunakan pompa asi medela, karena ada lemak asi yang selalu tersangkut pada valve medela, dan membuat asi jadi tidak bisa menetes ke botol dan malah meluber dibagian atas. Saya terpaksa mencari pompa asi merk lain yang model valvenya tidak seperti ini.

Hasil lemak ini, bukan muncul setelah asi di masukan ke chiller atau freezer ya mom & dad. Lemak asi ini, semua ada pada hasil pompaan terbaru. Saya pernah beberapa kali sampai melototin pompaan, gimana cara keluar si puding ini, dan sulit saya jabarkan dalam kata-kata..

Pernah di nyinyiran gak soal lemak asi ini?

Tentu saja pernah.. Saya dibilangin :

  • Pompanya jarang-jarang sih .. Makanya menggumpal..!
    BUUUU… Saya pompa setiap 2 jam sekali.. Masih Jarang???
  • Makannya kebanyakan lemak-lemak kali!
    1 bulan pertama setelah lahiran, saya memang dimasakin makanan yang super bergizi sama mertua.. Hampir Pagi, Siang, Sore, Malam semua daging dan lemak.. Tapi setelah itu, saya makan normal seperti biasa.. Nasi Padang, Nasi uduk, Nasi goreng, Nasi putih dengan lauk katering ya ibu-ibu..
  • Itu mah karena kamu malas pompa, makanya mengendap..!
    Jawaban saya, sama seperti yang pertama.. Pompa 2 Jam sekali buuuuu.. Belum termasuk neteinnn..
  • Kamu gendut sih.. Mungkin itu lemak kamu!
    Kalau gitu, semua cewe gendut.. Cobain pompa asi aja x ya bu.. Kali lemaknya bisa kebuang pelan2 dan kurusssss
  • Itu kamu pompanya dulu salah, makanya ngendap..
    Ya, saya pemula bu.. Wajar kalau masih salah waktu pompa.. Kalau sudah pro, saya sudah jadi pembicara dan di undang sana sini bu.. 😀

Dan lain – lain.. 😀

Sekian share saya mengenai lemak asi atau puding atau jelly atau tofu atau puyo atau apapun yang kalian sebut..

Jika asi mom ada yang seperti ini, Asi tetap dapat diberikan kepada si kecil ya.. Namun, resikonya adalah lemak akan tersangkut di Kepala Dot.

Selamat MengASIhi.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *