Princeton’s 1st Pretots Class with Kindy Cloud

Hi Mom & Dad.. 🙂

Kali ini, Saya dan Princeton akan berbagi pengalaman kelas pertama Princeton bersama Kindy Cloud.

DSCF1654

Apa sih itu Kindy Cloud?

Kindy Cloud menamakan mereka sebagai Fun Learning Kids Club yang menyediakan serangkaian aktivitas yang khusus untuk bayi dan batita untuk menstimulasi masa tumbuh kembang si kecil. Kindy Cloud yang mempunyai tagline Big Smiles Big Minds, memiliki beberapa kelas yang berlokasi di daerah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Kindy Cloud juga mengklaim bahwa seluruh kegiatan yang diselenggarakan  untuk bayi dan batita ini berada dalam supervisi Psikiater Anak. 

Kegiatan apa saja sih yang diadakan Kindy Cloud?

Kindy Cloud membagi 3 jenis kelas yang disesuaikan dengan usia yaitu Baby Class ( 6 – 12 Bulan), Pretots Class (13 – 24 Bulan) dan Toddler Class (25 – 36 Bulan). Sedangkan untuk rangkaian kegiatan yang diadakan terdiri dari :

Story Telling 
Bonding / Gym Time
Sensory Play
Painting
Parachutes
Bubble Play

Rangkaian kegiatan diatas, memiliki durasi kurang lebih 1 hingga 1.5 jam. Uniknya, tema yang diadakan akan berbeda setiap bulan. Seperti pada saat Princeton mengikuti kelas pertamanya di Kindy Cloud, tema yang diangkat adalah Indonesia Merdeka dan Kelas kedua Princeton mengangkat tema My Home. Sehingga materi yang akan diberikan setiap bulannya akan berbeda, walaupun kegiatan utamanya sama.

Yaaa.. Princeton sudah mengikuti 2 (dua) kelas Pretots bersama Kindy Cloud. Pertama yang diselenggarakan pada 22 Agustus 2018 dan yang kedua diselenggaran pada 22 September 2018. Bagaimana dengan baby class? Kenapa Princeton mulai join di Pretots Class? Konsep Fun Learning Kids Club yang diselenggarakan oleh Kindy Club ini memang memiliki kuota terbatas setiap kelas yang dibuka (sepertinya Kindy Cloud membatasi jumlah bayi dan batita setiap kelas, sekitar 10 anak / kelas), dan peminatnya juga cukup banyak, sehingga ketika saya berusaha mendaftarkan Princeton untuk join Baby Class di Kindy Cloud, harus gagal 2 (dua) kali karena kuota sudah penuh dan usia Princeton berhasil mendaftar, tepat sekali di 13 Bulan 🙂 .

Detail kegiatan Kindy Cloud seperti apa ya?
Mari saya bahas kegiatan yang dilaksanakan oleh Kindy Cloud. Seperti biasa, awal kelas ada 2 Miss yang akan mengarahkan posisi duduk di kelas yang akan berlangsung.  Disini, formasi yang diperbolehkan adalah 1 bayi dengan mom & dad atau mom & nanny (tapi pada kenyataan sih, biasa Dad & Nanny dijadikan Fotografer 😀 ).
Kemudian Miss akan mengucapkan Selamat Datang di Kindy Cloud dan memperkenalkan diri mereka dan mengajak setiap anak-anak untuk bernyanyi sambil memperkenalkan nama masing-masing anak. Setelah perkenalan selesai, maka masuklah ke salah satu rangkaian kegiatan Kindy Cloud :

  • Story Telling.
    Disini, Miss akan membawa buku atau story board dan mulai bercerita apa saja yang ada di dalam buku / story board. Lalu setiap halaman buku / story board akan diperlihatkan lebih dekat ke masing-masing anak-anak. Story Telling juga disesuaikan dengan tema yang diangkat oleh Kindy Cloud.
    DSCF1602
  • Bonding / Gym Time
    Aktivitas ini, merupakan aktivitas fisik antara mom & si kecil atau dad & si kecil. Kegiatan Bonding / Gym Time yang dilaksanakan berbeda-beda setiap kelas dan tema. Seperti kelas pertama kali, Bonding / Gym Time menggunakan Skate Board, dimana mom/dad akan memegang si kecil untuk duduk di atas Skate Board dan perlahan dijalankan. Lalu kegiatan menyanyi dan menarikan lagu anak-anak. dan melemparkan bola ke tumpukan gelas yang sudah disusun.
    DSCF1609.jpg
    Sedangkan pada kelas kedua yang di ikuti Princeton, Bonding / Gym Time nya, seperti bermain membuat Lingkaran besar lalu menjadi lingkaran kecil, kemudian berputar sambil memegang kerincingan sambil mengikuti arahan dari miss. Lalu ada kegiatan menyanyi dan menari lagu anak-anak, menendang dan menangkap bola.
  • Sensory Play
    Aktivitas ini adalah messy play, dimana mom / dad harus siap-siap berantakan. Si Kecil akan diberikan 3 jenis Sensory Play. Setiap kelas juga sensory playnya akan berbeda. Kelas Pertama, Princeton diberikan 3 Jenis Sensory Play, yaitu Rebusan Bayam/Kangkung didalam air bewarna biru pekat, seakan kita memegang ganggang laut gitu. Lalu ada juga yang seperti Slime, dan 1 sensory play lagi, saya lupa apa yang diberikan (sepertinya mie warna warni). Aktivitas ini mengajak anak mengenali tekstur benda.DSCF1626DSCF1632

    Sedangkan pada kelas kedua, Princeton diberikan semacam Slime, Dough dan lagi-lagi saya lupa 1 lagi itu apa, sepertinya beras/gula.
    Selain diberikan untuk si kecil memegang menggunakan tangan, akan ada 1 sesi dimana anak-anak akan diajak melangkahkan kakinya di atas bahan-bahan sensory play tersebut. Reaksi si anak bisa senang dan bisa juga gelian..
    Jadi beneran habis deh sebadan si kecil dan mom/dad, pada saat Sensory Play ini. 😀

  • Painting
    Aktivitas painting ini tentu tidak asing lagi ya mom. Anak akan diberikan 1 media untuk dilukis dan karena ini untuk anak-anak, maka bahan yang digunakan tentu harus food grade, Sehingga media yang dugunakan, bukanlah cat air, cat minyak ataupun lainnya.
    Kindy Cloud akan menyediakan media painting menggunakan Susu Kental Manis yang telah diberikan pewarna. Yuph, another messy activity lagi ketika si kecil mulai painting, apalagi bahan yang digunakan adalah susu kental manis (kebayangkan lengketnya kayak gimana).
    DSCF1619.jpg
  • Parachutes
    Aktivitas ini megajak anak untuk memegang parachutes dan bermain di atas atau dibawah parachutes bersama dengan anak-anak lainnya, ditemani dengan lagu anak-anak.
  • Bubble Play
    Sebagai penutup, anak-anak diberikan permaianan Bubble Play dan terakhir ditutup dengan sesi foto-foto.

    DSCF1647.jpg
    1st Pretots Class @ Public House, Bintaro

    IMG_20180922_114615.jpg
    2nd Pretots Class @ Gaia Studio, Jakarta

Bahasa yang digunakan, bisa saya katakan billingual. Pada saat aktivitas, miss nya dominan menggunakan Bahasa Indonesia, namun untuk lagu-lagu menggunakan Lagu Inggris.

Berapa biaya Kindy Cloud?

Untuk tahun 2018, setiap kelas dikenakan biaya Rp 200.000,-/kelas. Update harga untuk tahun 2019, dikenakan biaya Rp 220.000,-/kelas.
Secara biaya, harga kelasnya cukup mahal dibandingkan kelas di sekolah-sekolah pada umumnya. Namun, kelas ini bersifat tidak mengikat dan tidak perlu uang pangkal/adminsitrasi dan seragam sekolah. 😀
Jadi, bisa dijadikan salah satu agenda / list untuk mom/dad mencoba kelas di Kindy Cloud.
Aktivitas yang diadakan, juga bisa mom & dad buat kembali untuk dilakukan di rumah nanti.
Seperti Princeton, setiap minggu saya berikan aktivitas untuk melukis. Namun, bahan yang saya gunakan bukan Susu Kental Manis, melainkan Tepung Terigu. Untuk sensory play, saya berikan kacang merah, kacang hijau, jagung, beras dan waterbeads untuk Princeton.

Apa saja yang perlu disiapkan jika mengikuti kelas Kindy Cloud?

1 Set baju ganti anak
1 Set baju ganti Mom / Dad / Sus
Tisu Basah
Plastik untuk baju kotor
Handuk
Sabun
1 Kaos Kaki Anak anti slip
1 Kaos Kaki Mom / Dad / Sus
Kamera

Tips Mengikuti Kelas Kindy Cloud?

  1. Follow Instagram @Kindycloud. Kindy Cloud sudah menjadwalkan setiap kegiatan dan posting di tanggal 19 setiap bulannya.
  2. Pilih lokasi yang diinginkan dan tanggal kelas yang sesuai dengan jadwal mom & dad.
  3. Registrasi dilakukan via Whatsapp, yang dimulai pada tanggal 20 setiap bulannya.
  4. Simpan nomor whatsapp Kindy Cloud ( 081294966607 ) di HP mom / dad, agar bisa gercep kebagian kelasnya.
  5. Langsung whatsapp menggunakan format pendaftaran :
    Parent’s Name :
    Child’s Name :
    Child’s Age :
    Number of Children :
    Person Attendees :
    Mobile (contact) number :
    Class Date & Place (Theme) :
  6. Tunggu saja balasan wa dari Kindy Cloud. Biasa mereka akan menginfokan apakah kelas masih available atau sudah full booked. Jika masih available, mereka akan mengirimkan nomor rekening untuk transfer biaya kelas Kindy Cloud.
  7. Setelah berhasil mendaftar dan transfer, masukan ke dalam Kalender mom & dad untuk jadwal Kindy Cloud yang akan diikuti, agar tidak lupa.
  8. Mendekati hari H, pastikan untuk menjaga kesehatan dan stamina si Kecil, mom & dad ya..
  9. Datanglah minimal 30 menit sebelum jam kelas berlangsung, agar si kecil dapat beradaptasi terlebih dahulu dengan tempat, miss dan teman-teman sebayanya.
  10. Selamat mengikuti aktivitas dari Kindy Cloud yaaa…(Tips : Gunakan baju dan kaos kaki yang biasa saja, karena ada aktivitas messy play, yang kemungkinan besar dapat membuat baju Anak & Mom & Dad, terkena noda pewarna makanan dll. Pada saat kelas berlangsung, cukup bersihkan menggunakan tisu basah saja, setelah selesai, baru cuci kaki tangan dan ganti baju).

 

Review :

Menurut saya, mengikuti 1 – 2 kali kelas di Kindy Cloud untuk Princeton memberikan hasil yang positif.
Waktu itu Princeton belum bisa berjalan sendiri, namun ketika mengikuti kelas Kindy Cloud, memancing Princeton untuk berdiri sendiri cukup lama dan keinginan untuk mengikuti teman-teman sekelasnya yang sudah berjalan.
Miss nya juga mengajarkan dengan sangat baik dan materi yang diberikan juga sesuai.
Selain itu, untuk mom & dad mendapatkan aktivitas baru lain untuk si kecil dan bisa mengulang kembali beberapa kegiatan di kelas saat berada di rumah.
Satu hal yang saya harap dapat ditambahkan oleh Kindy Cloud, mudah-mudahan berikutnya bisa ditambahkan semacam Sertifikat gitu dan goodie bag kecil-kecilan untuk dibawa si kecil pulang, agar semakin memorable.. 🙂

 

30 menit sampai duluan, biar Princeton bisa adaptasi dulu 🙂

 

One thought on “Princeton’s 1st Pretots Class with Kindy Cloud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *