Review : Termometer Digital Infrared merk Little Giant

Hallo mom & dad… 🙂
IMG_20190325_173911_594

Saya dan Princeton, kali ini mau mereview produk yang wajib banget dimiliki oleh Mom & Dad di rumah. Yes! Termometer!
Memiliki bayi di rumah, mewajibkan mom & dad menyiapkan termometer untuk mengukur suhu si kecil. Apalagi ketika memasuki perubahan cuaca dan si kecil mulai menunjukkan tanda kurang sehat.

Termometer yang dijual dipasaran beraneka ragam dan beraneka merk serta beraneka pula harganya. Saya pribadi, baru membeli Termometer pada saat Princeton berusia 1.5 tahun. Sebelumnya saya membeli satu set Tommee Tippee Healthcare & Grooming Set dan didalamnya sudah ada termometer digital yang harus di jepit diketiak. Untuk dibawah usia 1 Tahun, penggunaan termometer tersebut sangatlah mudah, karena bisa dijepit diketiak bayi. Namun, ketika sikecil sudah semakin aktif dan sudah bisa meronta-ronta, tampaknya saya harus menyiapkan termometer tercanggih, yang tinggal nyalain, dekatkan ke telinga atau kepala dan dalam hitungan detik, keluar hasilnya. 😀

Akhirnya, pada saat Princeton demam di usia 1.5 Tahun, saya membeli 1 (satu) termometer digital infrared untuk mengukur suhu si kecil. Pilihan saya, akhirnya jatuh ke Merk Little Giant.

Sewaktu saya berjalan-jalan di mom & baby fair, saya sempat survey beberapa termometer digital yang infrared. Yang bisa mengukur suhu lewat telinga, atau didekatkan dengan kening, bahkan tercanggih bisa serbaguna sampai ukur suhu air. Dari segi fungsi, merk, harga dan service center, akhirnya saya memilih untuk membeli termometer merk Little Giant. Kenapa?

  1. Fungsi 3 in 1 infrared Ear Thermometer (Model No. LG 8541)
    Meski tertulis Ear Thermometer, termometer ini dapat juga digunakan di kening si kecil. Hal ini akan memudahkan mom & dad, ketika si kecil rewel saat pengukuran suhu. Hasil pengukuran juga tidak memakan waktu lama, sekitar 1 – 2 detik, Termometer Little Giant seri 3 in 1 infrared Ear Thermometer akan berbunyi dan menunjukkan hasil ukurnya.
    Selain itu, ketika suhu yang diukur melebihi 38° C , Thermometer akan memberikan bunyi berbeda seakan memperingati bahwa suhu tidak normal.
    Lalu fungsi 3 in 1 nya dimana ya? Kok hanya Ear & Forehead saja? 1 lagi fungsinya, termometer ini dapat digunakan untuk mengukur suhu ruangan/lingkungan.
  2. Merk
    Dari segi merk, Little Giant termasuk salah satu merk yang sudah memproduksi serangkaian produk untuk mom & baby, mulai dari Food Processing, Breastfeeding, sterilizer, baby monitor dan tentu saja termometer. Tidak sulit untuk menemukan merk Little Giant di toko-toko ataupun online shop yang menjual kebutuhan mom & baby.
    Jika ditanya, Little Giant, produk dari negara mana? Saya sendiri kurang tau, namun dikotak tertulis made in Taiwan. Sedangkan untuk alamat, tertera Australia dan setiap pameran selalu sederetan dengan produk-produk Korea. 😀
  3. Harga
    Untuk harga 3 in 1 Infrared Ear Thermometer ini, dijual berkisar Rp 300.000,- sampai Rp 350.000,-.
    Saya membeli produk ini pada bulan Maret 2019, di harga Rp 305.000,- di Shopee (Toko : Babywiseshop).
    Beberapa produk yang memiliki fungsi sama namun secara brand lebih famous, menjual termometer di harga paling murah Rp 400.000,- ke atas. Menurut saya sendiri sih, termometer Little Giant dengan harga Rp 305.000,- ini sudah sangat sesuai. Dapat digunakan untuk mengukur suhu lewat telinga dan kening, ada alert  dan warna lampu pada LCD juga akan berubah, jika suhu melewati 38°c, Garansi 2 (dua) tahun, kecepatan pengukuran suhu sekitar 2 – 3 detik, dan akurasinya juga mendekati benar, Termometer Little Giant ini dapat dimasukan kedalam list must have item di rumah.
    Tapi, ada juga beberapa thermometer yang mempunya fungsi sama yang dijual dengan kisaran harga Rp 120.000,- sampai Rp 200.000,-, namun secara brand yang saya temukan tidak saya kenali dan saya ragu akan akurasi dan daya tahannya. Sehingga saya lebih menjatuhkan pilihan kepada Little Giant ini.
  4. Service Center
    Seperti yang telah saya jabarkan di point 3, Termometer Little Giant ini menawarkan Garansi selama 2 (dua) tahun. Detail garansi, 1 tahun untuk service + sparepart sedangkan untuk 1 tahun berikutnya hanya garansi service.
    Service Centernya sudah pasti berada di Indonesia, tepatnya di daerah Jakarta. Sehingga jika terjadi kerusakan, mom & dad masih ada kesempatan untuk melakukan perbaikan ke service center.
    Alamat Service Center Little Giant :
    Jl. Pangeran Jayakarta 46 Blok D6
    Jakarta Pusat 10730 – Indonesia
    Telp. 021 629 5462
    Jam Kerja : Senin – Jumat, 09.30 – 16.30 wib (Libur pada Sabtu, Minggu dan Hari Besar)
  5. Model
    Secara model, termometer ini berbentuk standar dan ukurannya pas di genggam tangan. Letak tombol juga sesuai dan display layar juga sesuai.
    Untuk menjaga termometer dalam kondisi baik dan steril. Little Giant juga menyediakan cover/tutup pada bagian depan / probe.
    IMG_20190325_224739_Bokeh
    Selain itu, thermometer ini juga dilengkapi lampu dibagian layar suhu, sehingga jika mom mengukur suhu si kecil dalam keadaan kurang terang, hasil pengukuran suhu masih dapat terlihat jelas.
  6. Memori / Mode Penyimpanan
    Memori pada thermometer ini sangat membantu untuk mengetahui pemeriksaan suhu si kecil sebelumnya. Pada merk Little Giant, difasilitasi 10 memori / mode penyimpanan suhu.
    Cara mengecek kembali suhu yang diukur sebelumnya juga sangat mudah. Tinggal menyalakan (tekan tombol power) pada thermometer Little Giant, kemudian pencet tombol power sekali, maka akan muncul angka 1 lalu disusul suhu yang diukur sebelumnya. Tinggal klik tombol power lagi, maka memori pengukuran suhu ke 2 akan muncul dan seterusnya.
    Hal ini sangat berguna, ketika si kecil sedang demam dan mom dapat mencatat hasil pengukuran suhu secara berkala untuk di infokan kepada DSA.

IMG_20190325_224640_Bokeh

Review :
Secara fungsi, harga, dan merk, Thermometer Little Giant (Model LG.8541) 3 in 1 Infrared Ear Thermometer ini wajib dimasukan kedalam List Must Have Item untuk para mom & dad. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *