Review Kiddie Care Centre, Apt. Brooklyn Alam Sutera

Hai Mom & Dad,

2020_0325_03550700

Saya dan Winston akan membagikan pengalaman imunisasi di tengah kondisi pandemi Virus Covid-19 (03/2020). Seperti yang kita ketahui, adanya himbauan dari IDAI, untuk tidak mengunjungi RS jika tidak dalam keadaan mendesak/darurat. Lalu, bagaimana dengan imunisasi? 

Himbauan yang dikeluarkan oleh IDAI, imunisasi dapat ditunda sampai 2 minggu kedepan dan dapat dikoordinasikan dengan Dokter Anak terkait. Update per 27 Maret 2020 di Instagram @idai_ig, rekomendasi imunisasi anak pada situasi pandemi Covid-19 di beberapa provinsi TETAP dilaksanakan sesuai jadwal. NAMUN, pada wilayah dengan penularan luas COVID-19, Imunisasi dapat ditunda 1 bulan. 

Bagaimana dengan Winston? Jadwal imunisasi yang harus dilakukan adalah Influenza pada tanggal 13 Maret. Saya juga sudah wa dengan DSA Winston (di RS Bethsaida), dan disarankan untuk datang ke RS melakukan imunisasi. DSA Winston juga memberikan saran untuk datang pada jam 2 sampai 3.30 jika ingin melakukan imunisasi.

Maju mundur, dengan jujur saya deg-deg an membawa si kecil ke RS yang bukan khusus anak-anak. Sampai pada tanggal 24 Maret 2020, saya ngobrol di WA Group alumni teman kantor. Beruntung, saya mendapatkan rekomendasi Klinik khusus anak-anak dengan review yang sangat baik.

KIDDIE CARE Centre

Apa itu Kiddie Care?

Jika Mom & Dad, mengecek ke website http://www.kiddiecarecentre.com/about, dengan sangat jelas :

Background

Heart

KiddieCare Centre (KCC) merupakan klinik anak pertama yang memiliki ruang tunggu terpisah antara ruang infeksi dan non-infeksi. Pemisahan ini bertujuan agar anak yang datang dalam keadaan sehat akan pulang dalam keadaan sehat. KCC selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan perawatan terbaik bagi anak anda karena kami peduli dengan anak anda (We Care About Your Kids)

Berdiri pada tanggal 20 Maret 2007, KCC saat ini sudah menjadi salah satu klinik anak terbaik di Jakarta. Tidak hanya memiliki dokter spesialis anak yang sudah berpengalaman, KCC juga memiliki dokter-dokter spesialis di bidang lainnya seperti dokter gigi, psikologi, fisioterapi, dll.

Jadi, sebelum pandemi Covid-19 merebak, dari Kiddie Care Clinic sudah menerapkan sistem pengecekan yang lebih baik. Saat saya dan Winston ke Kiddie Care Alam Sutera, saya mendapatkan stamp dan Winston mendapatkan tali jingga yang diikatkan ke lengan yang menandakan kami sehat.

Lokasi Kiddie Care Center?

IMG_20200324_143031

(Maaf, foto kurang menarik karena tidak membawa sus dan sambil gendong Winston :D)

Berada di ruko Apartment Brooklyn, Alam Sutera. Meskipun terlihat kecil, namun design klinik masih baru, sangat menarik untuk anak-anak dan bersih. Parkiran yang tersedia di basement dan cukup banyak yang kosong. Selain di Alam Sutera, Kiddie Care Center  ini juga memiliki cabang lain di Sunter.

Interior pada Kiddie Care Center alam Sutera ini juga sangat menarik untuk anak-anak. banyak permainan yang bisa di explore serta design interior yang sangat colorful. Jangankan anaknya, momminya aja kepengen main. 😀

Jam Operasional / Jadwal Praktek?

Bisa akses langsung ke website www.kiddiecarecentre.com

Harga?

Mengenai harga, jika dibandingkan dengan RS Bethsaida Gading Serpong, RS Siloam Karawaci dan Mom & Child Clinic Gading Serpong maka Kiddie Care Clinic ini tergolong paling mahal. Untuk biaya konsultasi DSA, dikenakan sekitar Rp 450.000,-. Biaya tersebut belum termasuk vaksin, registrasi atau biaya lainnya.  Berikut saya berikan perbandingan biaya pemeriksaan pada beberapa RS dan Clinic di Tangerang.

2020-03-29 (4)

Kiddie Care Clinic menyediakan buku kesehatan anak sendiri, dimana mereka sudah memiliki format yang terorganisir dengan baik. Pada buku kesehatan anak Kiddie Care Clinic, terdapat detail milestones perbulan si kecil. Selain itu, karena disini mereka sudah komputerisasi, sehingga data seperti berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, serta info kesehatan si kecil berupa print label, bukan tulisan dokter. Sehingga mom & dad bisa membacanya dan sangat rapih.

Rekomendasi Dokter?

Ini pertama kali saya berkunjung di Kiddie Care Clinic, sehingga saya tidak bisa merekomendasikan dsa. Jika dilihat dari list dsa yang praktek di Kiddie Care Clinic, mom & dad bisa menemukan Pediatrician, Kiddiedentist, Kiddiephysio & Phycologist. Semua list dokter bisa dilihat  di website http://www.kiddiecarecentre.com/doctors.

Ada 1 nama yang menarik perhatian saya yaitu Dr. dr. Hanifah Oswari, SpA(K). Jika kita google, muncul spesialis di Gastroenerologist. Saya dan suami sempat tertarik dengan dr. Hanifah, namun karena jadwal yang tidak cocok akhirnya saya memutuskan untuk ke dr.Marlyn Cecilia Malonda, SpA. Kesan pertama saya, dokter Marylin sangat ramah dan informatif. Pemeriksaan yang dilakukan juga detail dan di tulis pada buku kesehatan anak. Saya cukup puas dengan dr. Marlyn ini (nb : untuk imunisasi, untuk berobat saya kurang tau dan mudah2 an kedua anak2 saya sehat jadi tidak perlu berobat ke dokter. hehehe).

Preventif Covid-19

Kiddie Care Clinic melakukan upaya preventif Covid-19 dengan baik yang menurut pendapat pribadi saya. Kenapa?

  1. Melakukan reservasi via telefon (021) 6452121 ext. 1. Pada tahap pertama ini, petugas akan menginformasikan bahwa dalam kondisi pandemi covid-19, dihimbau hanya 1 pendamping saja yang diperbolehkan. Selain itu, diwajibkan untuk mengenakan masker saat berada di Kiddie Care Clinic. Tahap pertama ini, cukup jelas bahwa mereka berusaha untuk mengurangi penularan Covid-19.
  2. Ketika kita sampai di depan Kiddie Care Clinic, akan ada Office Assistant/Office Boy yang membuka pintu. Sehingga kita tidak memegang handle pintu sama sekali.
  3. Sesudah masuk, kita beserta anak akan dilakukan pengecekan suhu terlebih dahulu. Lalu tangan kita akan disemprotkan Hand Sanitizer.
  4. Kita akan melakukan registrasi dan petugas akan menanyakan pertanyaan dasar seperti apakah kita / keluarga ada bepergian keluar negeri dalam 14 hari lalu / ada kontak dengan pasien odp/pdp covid-19 / ada demam, bapil dalam 14 hari?
  5. Seluruh petugas, perawat dan dokter mengenakan masker dan face shield. Sampai point 5 ini, cukup aman ya untuk melakukan imunisasi di Kiddie Care Clinic Alam Sutera.
  6. Setelah melakukan pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar kepala dan suhu tubuh, petugas akan memberikan stampel sehat di tangan pendamping (mom/dad) dan tali bewarna jingga di tangan si kecil. Hal ini berupa informasi bahwa mom dan si kecil dalam kondisi sehat yang akan di tempatkan di ruangan khusus pasien sehat.
    IMG_20200324_151303
  7. Entah karena pandemi covid-19 atau bukan, antrian di Kiddie Care Clinic ini tidak terlalu banyak. Saya hanya perlu menunggu 1 pasien. Sehingga terbilang tidak terlalu ramai. Jadi, cukup merasa aman untuk melakukan imunisasi atau berobat di Kiddie Care Clinic.

Review :

Selama pandemi Covid-19 ini (mudah-mudahan cepat berlalu), serta memantau update dari IDAI, imunisasi akan saya lakukan di Kiddie Care Clinic dengan pertimbangan beberapa hal di atas seperti pemisahan pasien sehat dan kurang sehat, lalu penggunaan masker, face shield dan sanitizer yang lengkap, pasien yang tidak terlalu banyak serta upaya pencegahan odp berada di klinik cukup baik. Selain itu, Kiddie Care Centre ini akan memberikan reminder 1 atau 2 hari sebelum tanggal imunisasi selanjutnya via email. Sehingga kita tidak melewatkan jadwal imunisasi si kecil.

Jika pandemi covid-19 ini sudah berakhir, saya akan kembali lagi untuk melakukan imunisasi di RS Bethsaida atau Mom & Child Clinic. Kenapa? Harganya lebih sesuai di kantong mamak 2 anak ini. 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *