Review : Aplikasi Pintar

Hai.. 🙂

Masih dalam situasi Pandemi Covid-19 yang tidak jelas masa depannya akan seperti apa, maka pilihan terbaik adalah tetap duduk manis di rumah sambil belanja online.

Tidak bisa dipungkiri, kehadiran aplikasi pesan antar di 2020 semakin banyak dan diminati karena pandemi. Semua aplikasi berusaha menawarkan kemudahan dan harga yang sangat bersaing.

Aplikasi yang akan saya review pada postingan ini adalah aplikasi PINTAR. Sebuah aplikasi yang masih baru dan jangkauan lokal alias di Gading Serpong, Tangerang.

Untuk emak-emak seperti saya yang seminggu sekali ke pasar untuk berbelanja, kehadiran si aplikasi Pintar ini dapat terbilang mengobati rasa rindu dengan pasar traditional. 😀

Agak berbeda dengan aplikasi seperti sayurbox, segari, dll, aplikasi Pintar ini menawarkan jasa beli dan antar barang-barang pada pasar yang kita pilih. Untuk saat ini (27/10/2020), pilihan pasar yang dapat di akses adalah Pasar Modern Paramount – Gading Serpong dan Pasar Delapan – Alam Sutera.

Sebelum saya review, saya sudah melakukan pemesanan pada aplikasi Pintar ini sebanyak 4 (empat) kali di bulan Oktober – November 2020 dan berikut reviewnya……

NOTE : Pemesanan pada aplikasi Pintar , hanya kategori PASAR. Untuk kategori lain , belum pernah dicoba dan tidak akan saya review.

HARGA

Bagian promosi yang paling menarik perhatian adalah HARGA TETAP SAMA. Hal ini sangat menarik, karena tidak seperti aplikasi lainnya yang mengenakan biaya tambahan (mark up) sekian persen pada setiap item. Aplikasi Pintar ini justru tidak menambah harga pada setiap item yang ditampilkan. Jadi, harga yang berlaku di aplikasi adalah harga yang ada di pasar pada umumnya. Namun, dalam beberapa minggu ini saya belum mendapatkan info promosi item seperti yang dilakukan oleh aplikasi lain. Misalnya Harga Mangga hanya Rp 1,- belum ada pada aplikasi Pintar ini.

Apakah ada promo kerjasama bank dan lainnya? Saat ini, ada promo cashback jika menggunakan metode pembayaran Shopeepay.

BIAYA PENGIRIMAN / ONGKIR

Untuk ongkir, yang dikenakan Rp 10.000,-. Menurut saya, biaya yang dikenakan masih worth it. Ada yang menarik pada banner promosi di aplikasi Pintar tertulis FREE ONGKIR untuk 100 pemesan pertama. Mengingat aplikasi ini masih terbatas untuk area Tangerang terutama Gading Serpong & Alam Sutera, sepertinya kemungkinan untuk mendapatkan free ongkir masih sangat besar. Selama 3 (tiga) kali pemesanan, saya mendapatkan Free Ongkir.

Biaya JASA

Walaupun aplikasi Pintar ini free ongkir untuk pembelajaaan di pasar, ada biaya lain yang dikenakan yaitu biaya jasa. Biaya Jasa yang dikenakan per sekali belanja atau check out adalah Rp 10.000,- hingga Rp 13.500,-.

Apakah biaya ini worth it? Mengingat kalau kita ke pasar juga perlu bensin dan uang parkir, masih cukup worth it. Anggap saja itu adalah biaya Jastip dan biaya keberlangsungan aplikasi Pintar. 🙂

LAMA PENGIRIMAN

Untuk pengiriman dapat dilakukan sameday dengan catatan pemesanan dan pembayaran dilakukan selama jam operasional pasar atau outlet. Jadi, kalau kita check out dan lunas payment pada jam 6 pagi, pesanan akan diantar di hari yang sama,

Tapi, dalam 4 (empat) kali pemesanan yang saya lakukan H-1 diluar jam operasional, dan selalu diantarkan pada pagi hari jam 7 – 8. Jadi, saya pesan ada 1 Oktober 2020 pkl. 22.00 maka akan di antar pada 2 Oktober 2020, pkl, 07.00 wib. Lalu, pemesanan saya pada 21 November 2020 dilakukan pada pkl 6 – 7 pagi dan pesanan saya dikirimkan pada pkl 08.00 wib. Sangat cepat! 🙂

Sayangnya, belum terdapat pilihan untuk pengaturan jadwal dan jam kirim seperti aplikasi sayurbox.

KONDISI SAYUR & BUAH

Seperti yang sudah tertulis, aplikasi PINTAR ini mirip seperti jastip dimana team mereka akan menerima order dan membeli list pesanan kita di pasar dan kios yang kita pilih. Untuk kondisi sayur dan buah, menurut saya sangat baik. Berikut saya lampirkan buah dan sayur yang dikirimkan.

Pemesanan Pertama dengan Aplikasi Pintar
Pemesanan Kedua via Aplikasi Pintar
Pemesanan ketiga via Aplikasi Pintar

KEMASAN SAYUR & BUAH

Apakah sayur, buah dan daging lengkap di aplikasi PINTAR ?

Tidak ada kardus, paperbag atau plastik dengan branding PINTAR. 😀 Kemasan sama persis dengan kita berbelanja di pasar (rame plastiknya.. :D). Untuk saya, ini tidak ada masalah.

Pilihan kios pada aplikasi PINTAR terbilang lengkap dan menawarkan banyak sekali pilihan sayur, buah dan daging. Selain itu, pilihan jumlah dan berat buah, sayur dan daging masih dalam batas wajar.

Namun, dari semua pesanan semua dikirim dengan lengkap dan kondisi baik. Bagaimana jika ada pilihan yang kosong atau tidak tersedia?

Uang akan dikembalikan dalam bentuk Cash/ tunai yang di staples bersama nota. Terlampir contohnya ya, waktu itu saya belanja Nanas Madu namun tidak tersedia sehingga dikembalikan senilai nominal pada aplikasi.

KELEBIHAN APLIKASI PINTAR
Aplikasi ini sepertinya untuk kawasan Tangerang, dan masih cukup spesifik di Serpong dan Alam Sutera. Sebelum pandemi covid-19, saya sering belanja di pasmod paramount dan berlangganan di beberapa kios sayur, buah dan bumbu. Untuk pengiriman buah, sayur dan bumbu ke rumah, biasanya harus belanja minimal agar dapat dikirim oleh masing-masing kios. Belanja sayur ke kios langganan, minimal Rp 70.000,- sedangkan saya biasa belanja hanya Rp 50.000,- sehinga tidak mencapai batas minimum pengantaran.

Dengan kehadiran aplikasi PINTAR ini, saya dapat berbelanja sayur, buah dan bumbu dapur tanpa perlu minimal. Serta dapat menggabungkan seluruh jenis belanjaan dalam 1 kali belanja atau check out. Jadi, dapat disesuaikan dengan kebutuhan masak. Selain itu, tidak ada mark up harga. 😀

KEKURANGAN APLIKASI PINTAR

Aplikasi PINTAR, masih dalam tahap development. Sehingga beberapa tampilan dan penggunaan masih belum smooth seperti aplikasi sayurbox dan lainnya. Tapi, bisa dikategorikan user friendly. 🙂

Selain itu mirip dengan aplikasi sayurbox, ketika pilihan sayur,buah atau daging yang kosong langsung dikembalikan dalam bentuk uang tunai. Tidak ada wa atau telpon terlebih dahulu untuk menanyakan apakah kita mau mengganti dengan alternatif lain atau refund.

Apakah saya akan repurchased pada aplikasi PINTAR?

YES! 🙂

Belanja menggunakan aplikasi PINTAR, terasa seperti berada di pasar. Sayur, buah dan bumbu yang biasa sering dibeli dan dipilihkan dengan sangat baik serta tidak ada mark up harga. Semoga kedepannya, makin banyak promo bank dll.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *