NEW Mom : Part 4 – Mpasi Tahap 3

Hi Mom & Dad! ๐Ÿ™‚

Princeton.jpg
Princeton menunggu makanan disajikan ๐Ÿ˜€

Selamat, mom & dad sudah melewati fase mpasi dari pure sampai bubur saring untuk si kecil. ๐Ÿ™‚

Sedikit cerita ya mom & dad….

Pada postingan kali ini, saya akan share mengenai tahap MPASI Princeton yang ketiga.ย  Tahap MPASI ketiga ini, Princeton berusia 8 bulan, dengan tekstur yang akan dinaikan menjadi bubur.

Singkat cerita, untuk fase tekstur MPASI yang disarankan, adalah kenaikan tekstur setelah 2 (dua) bulan. Berikut tabel kenaikan tekstur Princeton beserta prakteknya di kenyataanย  :

MPASI PRINCETON.jpg

Sesuai yang saya jabarkan tahapan MPASI Princeton di atas, Princeton sama sekali tidak mau nasi tim. Bahkan sampai sekarang, jika saya memberikan nasi lembek/ nasi tim, dia sama sekali tidak mau dan cenderung dilepeh. Stress?? Oh! Jelas donk.. Tapi pada suatu hari, mama saya pun nyeletuk, ” Kayaknya Princeton maunya langsung nasi deh, coba kamu kasih nasi 1-2 sendok. Dulu kamu juga gak ada makan nasi tim, dari bubur ya langsung nasi”

Akhirnya, saya beranikan diri untuk menaikan tekstur dari bubur langsung ke nasi. Ternyata, bener loh apa kata mama saya. Princeton ternyata maunya nasi. Meski pertama kali makan, tidak semulus pure dan bubur saring, masih sering dilepeh. Sehingga, saya pun mengakali dengan cara campur dengan komposisi setiap minggu saya naikan, seperti ini :

80% Bubur – 20% Nasi
70% Bubur – 30% Nasi
60% Bubur – 40% Nasi
50% Bubur – 50% Nasi
40% Bubur – 60% Nasi
30% Bubur – 70% Nasi
20% Bubur – 80% Nasi
100% NASI ๐Ÿ™‚

Setelah 100% Nasi, Princeton sama sekali tidak mau makan bubur lagi. Malah yang dilepeh si buburnya. Kapan Princeton mulai makan 100% Nasi? Kurang lebih di usia 14 bulan, dia mulai lancar makan nasi dan sekarang di usia 18 bulan, dia lancar sekali mengunyah daging, roti, kentang goreng, tempe goreng dan lainnya tanpa perlu disuir-suir halus. Namun, Princeton belum mau mengunyah buah potong, sehingga untuk buah tetap harus blender ( saya sama papa nya sih gak pusing soal buah, karena kami berdua juga pecinta jus buah dibanding buah potong ๐Ÿ˜€ ).

Balik ke topik ย MPASI Tahap 3.

8 – 10 Bulan
Pada tahap ketiga ini, si kecil sudah di usia 8 bulan ke atas. Untuk tekstur, sudah bisa memasuki fase bubur. Awal pemberian bubur pun, saya tidak langsung mendadak. Namun dengan komposisi 50% bubur saring dan 50% bubur biasa. Untuk daging dan sayur, masih saya saring. Perlahan, saya naikan 70% bubur bisa dan 30 % bubur saring, sampai pada 100% bubur, dan untuk daging sayur masih saya saring.

11 – 12 Bulan
Pada usia 11-12 bulan, si kecil sudah bisa diperkenalkan dengan NASI TIM atau nasi lembek. Namun, karena Princeton sama sekali tidak mau nasi tim, maka saya masih memberikan bubur pada usia ini namun dengan tekstur bubur yang agak kental dan sedikit saya siram kuah. Untuk daging sudah tidak menggunakan saringan, namun dicincang halus / suir-suir.ย 

> 12 Bulan
Pada usia 1 tahun, si kecil sudah bisa diperkenalkan dengan NASI. Diawal perkenalan dengan nasi, saya selalu memasak sop daging (ayam/sapi/babi), sehingga nasi dicampur dengan sop. Untuk daging, sudah berupa potongan kecil-kecil, tidak dicincang sampai halus. Pada fase ini, juga sudah bisa diberikan nasi goreng telur, nasi goreng salmon atau nasi goreng buntut pada si kecil, agar lebih bersemangat untuk mengunyah.

MPASI 4 BINTANG
MPASI 4 Bintang pada usia 8 bulan keatas, juga sudah mengalami penambahan jenis karbo, protein hewani, protein nabati dan sayur yang dapat diberikan kepada si kecil, sehingga mom & dad bisa menambah variasi menu sehat kepada si kecil.
Berikut list tambahan MPASI 4 Bintang usia 8 bulan ke atas.

MPASI PRINCETON (2).jpg

Untuk List Mpasi 4 bintang (6-8 Bulan), mom & dad bisa cek disini :

Kenapa ada perbedaan? List Mpasi 6-8 Bulan dan diatas 8 bulan?
Bayi memiliki kemampuan yang bertahap, sehingga dari segi tekstur dan jenis makanan haruslah diperhatikan. Jangan sampai, niat mom & dad untuk memberikan Menu terbaik, malah membuat si kecil sembelit, alergi atau reaksi lainnya.

Seperti gandum dan pasta, secara tekstur agak sulit dicerna, sehingga akan lebih baik diberikan setelah 8 bulan ke atas. Jika mom & dad merasa ragu, dapat dikonsultasikan dengan DSA ya. Saya termasuk salah satu yang bawel, dan selalu bertanya apakah jenis sayur ini, buah ini, daging ini, atau jenis makanan apapun, sudah boleh dikonsumsi si kecil kepada dokter.

BUAH / FRUITS
Pada fase ini, jenis buah-buahan sudah semakin banyak yang dapat dikonsumsi, seperti melon, beet, semangka, anggur, kiwi, mangga, strawberry, blueberry, blackberry, dll. Namun yang perlu diperhatikan, jangan memberikan buah yang asam kepada si kecil terutama dibawah 1 tahun.
Untuk pemberian buah, dapat di campur, seperti Pisang dengan Kiwi, Pepaya dengan Jeruk dan kreasi lainnya.

BUMBU
Pemberian bumbu pada usia dibawah 1 tahun, dapat menggunakan bahan-bahan seperti bawang putih, bawang merah, bawang bombay, bengkuang, daun bawang, daun jeruk, oregano, daun pandan, daun seledri, daun ketumbar, serai, jahe, kaldu dll. Usia di atas 1 tahun, mom & dad dapat menambahkan garam dan gula.

KALDU
Kaldu yang dapat digunakan, adalah kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu ikan, dan kaldu babi. Pemberian kaldu ini selain menambah rasa, juga mengandung banyak gizi. Untuk penggunaan kaldu, biasa saya gunakan untuk sarapan, seperti memasak Sup Krim Kentang, Misua, Sup Jagung, Sup Krim Jamur dll. Atau pada tahapan mpasi awal, dimana si kecil belum mampu mengkonsumsi daging, maka saya tidak perlu khawatir, karena saya menyisipkan kaldu pada mpasi si kecil. Untuk resep dan cara pembuatan kaldu akan saya share di sini Part 6 – Resep Kaldu MP-Asi.

CEMILAN / FINGER FOOD
Ini salah satu yang jarang saya siapkan, saya lebih memilih untuk memberikan cemilan instant seperti HappyPuff, Gerber, Farley, Promina, Yummy Bites dan lainnya. Untuk cemilan sehat, tampaknya saya gagal dan Princeton sama sekali tidak menunjukan ketertarikan pada cemilan-cemilan sehat seperti brokoli rebus, buncis rebus atau lainnya.

PORSI
Untuk porsi makan, ada peningkatan dibanding usia 6-8 bulan. Pada usia 8 bulan ke atas, jumlah porsi yang saya berikan berkisar 250 – 300 cc. Batas waktu pemberian makanan saya sesuaikan menjadi 30 menit. Berdasarkan anjuran, semestinya 20 menit, namun pada prakteknya, 10 menit diawal ada fase negosiasi bersama si kecil.. Ketika Princeton melepeh terus pada saat pemindahan tekstur dan diawal makan.
Pada usia 1 tahun, porsi yang diberikan disesuaikan dengan permintaan si kecil. Namun untuk Princeton saya batasi, karena porsi yang diminta menurut saya terlalu banyak.

 

Sharing tentang MP-ASI lainnya bisa di cek dibawah ini ya mom ๐Ÿ™‚

PART 1 – Awal MP-Asi Princetonย (Usia 4.5 bulan)
Part 2 – MP-Asi Tahap 1(Usia 5 – 6 bulan)
Part 3 – MP-Asi Tahap 2 (Usia 6 – 8 bulan)
Part 4 – MP-Asi Tahap 3 (Usia 8 – 12 Bulan & > 1 tahun)
Part 5 – Menu2 MP-Asi Favorit Princeton (Resep)
Part 6 – Resep Kaldu MP-Asi
Part 7 : Cerita Princeton GTM dan Cara mengatasi GTM
Part 8 : Perlengkapan MP-Asi

One thought on “NEW Mom : Part 4 – Mpasi Tahap 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *