NEW Mom : Part 3 – Mpasi Tahap 2

Hai mom & dad!

2018_0302_19033900

Melanjutkan postingan MP-Asi sebelumnya, saya akan share tahap Mpasi selanjutnya untuk bayi usia 6 (enam) bulan ke atas.
Seperti yang sudah saya share sebelumnya, Princeton memulai mpasi berdasarkan arahan dari DSA nya, di usia 4 Bulan 2 Minggu yang dimulai dengan pure buah. Setelah 2 minggu mpasi pure buah, di usia kurang lebih 5 bulan, Princeton sudah mulai diperkenalkan dengan mpasi tunggal seperti bubur tepung beras, pure jagung, pure kentang dan lainnya. Lalu 2 – 3 minggu setelah mpasi tersebut, DSA sudah memberikan arahan untuk mpasi 4 bintang.
Secara resep, saya diperbolehkan untuk membeli buku atau melihat ratusan ribu resep yang berada di cookpad, instagram dan lainnya.

Apa sih MPASI 4 Bintang?

Mpasi 4 Bintang, merupakan makanan pendamping asi yang mengandung 4 jenis kebutuhan untuk si kecil seperti Karbohidrat, Protein Hewan, Protein Nabati dan Sayur. Selain 4 bintang utama tersebut, mom & dad bisa menambahkan additional Lemak tambahan di mpasi 4 bintang.

MPASI 4 bintang tersebut merupakan mpasi utama yang diberikan untuk sarapan, makan siang dan makan malam, diluar Buah-buahan dan cemilan / finger food untuk si kecil.

Rumus Dasar MPASI 4 Bintang 🙂

MPASI PRINCETON 6-8 Bulan
List Mpasi 4 bintang Princeton (6-8 Bulan)

Panduan untuk menyajikan mpasi 4 bintang yang saya gunakan untuk Menu Mpasi Princeton di usia 6-8 bulan, dengan cara memasak menggunakan panci atau ada juga yang menggunakan slow cooker, setelah matang saring makanan di atas saringan sampai lembut dan sajikan. Khusus menu yang mengandung sayuran hijau, akan saya masak terpisah dan saya gabungkan ketika akan disajikan. Menu yang saya siapkan setiap hari berbeda-beda agar si kecil tidak bosan dan dapat mengeksplor berbagai rasa. Dari semua panduan di atas, Princeton tidak menunjukkan alergi.

Contoh menu yang saya sajikan dalam 1 minggu, menggunakan panduan di atas :

List Menu MPASI Princeton (6 - 8 Bulan )

Untuk takarannya? Dapat dikonsultasikan dengan DSA nya ya mom & Dad..
Kalau untuk Princeton, sekitar 100 – 150 cc dengan durasi waktu maksimal 20 menit. Jadi jika dalam 20 menit, Princeton tidak habis maka tidak akan saya berikan lagi.

Untuk Tekstur? Sesuai dengan arahan DSA, tekstur yang saya berikan masih saring menggunakan saringan. Untuk awal-awal, saya berikan agak encer dan bertambah minggu akan sedikit lebih kental.

Untuk Pemberian ASI / Sufor? Masih tetap saya berikan, namun jumlah pemberian asi agak berkurang, karena si kecil sudah mulai mendapat asupan makanan dan buah yang cukup banyak.

Untuk detail resep dan cara memasak, akan saya share di Part 5 – Menu2 MP-Asi Favorit Princeton (Resep).

 

Sharing tentang MP-ASI lainnya bisa di cek dibawah ini ya mom 🙂

PART 1 – Awal MP-Asi Princeton (Usia 4.5 bulan)
Part 2 – MP-Asi Tahap 1(Usia 5 – 6 bulan)
Part 3 – MP-Asi Tahap 2 (Usia 6 – 8 bulan)
Part 4 – MP-Asi Tahap 3 (Usia 8 – 12 Bulan & > 1 tahun)
Part 5 – Menu2 MP-Asi Favorit Princeton (Resep)
Part 6 – Resep Kaldu MP-Asi
Part 7 : Cerita Princeton GTM dan Cara mengatasi GTM
Part 8 : Perlengkapan MP-Asi

One thought on “NEW Mom : Part 3 – Mpasi Tahap 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *