Princeton’s 3rd Class with Giggles & Grins

Hi Mom & Dad.. 🙂

Saya dan Princeton mau berbagi cerita lagi, mengenai pengalaman Sensory Classes bersama Giggles & Grins. Sebelumnya, Princeton sudah pernah mengikuti Sensory Class bersama Kindy Cloud (untuk reviewnya, bisa klik disini).

Kali ini, saya & Princeton mencoba kelas yang diselenggarakan oleh Giggles & Grins pada 9 Februari 2019 yang berlokasi di Kids Republik, PIK.

Apa sih itu Giggles & Grins ?

Giggles & Grins, menyediakan sensory class yang didirikan oleh 2 pengajar yang berpengalaman di bidang edukasi sekaligus mommy, sehingga mereka paham akan kebutuhan yang terbaik untuk bayi. Giggles & Grins terbagi menjadi 3 kelas yang dibagi sesuai kategori usia yaitu Baby (6-15 bulan), Crawler (12-24 bulan) dan Explorer (>25 bulan). Giggles & Grins ini memulai sensory class nya di tahun 2018. Setiap kelas yang diadakan, mengusung tema yang berbeda dan untuk memaksimalkan kelas, kuota bayi / batita juga sangat terbatas (tidak lebih dari 10 anak).

Kegiatan apa saja yang ada di Giggles & Grins ?

Giggles & Grins mengadakan sensory class dengan durasi kurang lebih 1 (satu) jam, dimana rangkaian aktivitasnya terdiri dari :

Themed Story Telling
Music & Rhythm
Baby Exercise
Art & Craft
Themed Sensory Play
Parachute & Bubble Play

Princeton akhirnya saya daftarkan di kategori walker pada 9 Februari 2019 yang berlokasi di Kids Republik PIK.

Apa saja detail kegiatan Giggles & Grins?

Mari kita bahas satu persatu kegiatan yang diselenggarakan oleh Giggles & Grins ini. Sebelum memulai kelas, akan ada 2 miss yang mengarahkan posisi duduk mom & baby. Setelah teratur, maka salah satu miss akan mulai memperkenalkan diri dan mengajak setiap mom & baby untuk memperkenalkan diri bergantian sambil bernyanyi. Setelah semua selesai memperkenalkan diri, miss akan memulai aktivitas utama Giggles & Grins.

  • Themed Story Telling
    Miss akan menunjukkan buku atau story board yang akan diceritakan ke anak-anak, sesuai dengan tema. Anak-anak juga diperlihatkan secara dekat, visual pada buku/story telling dan mengajak anak-anak untuk berinteraksi bersama miss.
  • Music & Rhythm
    Miss Giggles & Grins akan memutar musik anak-anak, dan melakukan gerakan-gerakan yang disesuaikan dengan lirik dan ritme lagu. Mom & Si Kecil akan diajak untuk berinteraksi mengikuti arahan gerakan dari miss. Si Kecil juga diberikan kesempatan memilih dan mengambil kerincingan yang digunakan pada saat sesi music & rhythm.
    MUSIC
  • Baby Exercise
    Bayi / Batita akan diajak bermain dengan gym ball, yang dibantu oleh miss dan tentunya bersama mom juga. Disini, si kecil akan diletakan di atas gym ball dan diajak bermain dengan gymball. Gerakan disesuaikan dengan mood si kecil saat itu. Ada yang tengkurap, ada yang duduk, ada yang gymball digerakan maju mundur, ada yang gymball digerakan ke kiri dan ke kanan.
    Jika mom sewaktu muda atau sewaktu hamil membeli gymball ini, ada baiknya mom mencoba pada si kecil (untuk usia, silahkan di diskusikan dengan DSA nya mom), dan untuk gerakannya, mom bisa search di youtube / pinterest. Selain membuat si kecil mendapat aktivitas baru, baby exercise dengan gymball ini dapat melatih motorik si kecil juga loh.
    BE

    Baby Exercise with Gymball. Source : Google

    Selain gymball, ada juga aktivitas memotong sayur-sayuran menggunakan mainan. Si kecil diberikan buah-buahan potong dan pisau dari bahan kayu, dan si kecil diajarkan cara memotong.

  • Art & Craft
    Pada art & craft kali ini, Princeton diberikan 1 lembar kertas dan 1 mangkok cat untuk mewarnai. Cat yang digunakan tentu saja Food Grade dan Kids Friendly. Giggles & Grins menggunakan Susu Kental Manis yang diberikan pewarna. Si kecil pun mewarnai menggunakan jari-jari kecilnya yang dicelupkan ke pewarna dan dioleskan di atas kertas.
    PANTING
    Miss Giggles &n Grins kemudian memberikan Paper Core / Selongsong Karton (Bagian coklat pada tisu gulung/ Tisu Toilet), yang telah dibentuk seperti hati. Si Kecil diajak untuk stempel paper core ke kertas yang sudah diwarnai sebelumnya.
    Pada sesi ini, sudah dipastikan masuk ke messy play ya mom 😀 .IMG-20190212-WA0020
  • Themed Sensory Play
    Pada Sensory Play ini, dibagi menjadi 2 (dua) yaitu non messy sensory play dan messy sensory play. Pada Non Messy Sensory Play, si kecil diberikan 7 jenis material yang telah ditempelkan di evamat seperti kancing, karpet, karet, karpet rumput, batu dan lainnya. Si kecil diajak 2 (dua) kali putaran, dimana yang pertama si kecil di ajak menggunakan tangan untuk merasakan setiap tekstur dan putaran kedua, se kecil di ajak untuk melangkahkan kakinya di atas material-material sensory play tersebut. Untuk usia Princeton, karena dia sudah bisa berjalan bahkan sudah mulai belajar berlari, untuk sensory play menggunakan tangan, Princeton diajak untuk merangkak, dan ini agak perjuangan sih menurut saya. 😀
    SCsensory play

    Screenshot_20190326-223359
    Ragam Sensory Walk, yang mom bisa buat di rumah untuk si kecil 🙂

    Untuk Messy Sensory Play, Giggles & Grins menyediakan 3 kotak yang berisi Jelly buah warna-warni, slime dan macaroni warna-warni. Disediakan juga gayung kecil dan ada shape binatang didalam kotak tersebut. Disini si kecil diajak untuk menyentuh semua isi kotak. (Pada bagian ini, sepertinya mom harus agak ekstra, karena pada saat Princeton mengikuti sesi ini, ada 2 (dua) anak yang malah memakan macaroni yang disediakan untuk sensory play. 😀 )
    IMG-20190212-WA0006

     

  • Parachute & Bubble Play
    Pada sesi terakhir, aktivitas parachute & bubble play menjadi akhir dari kelas Giggles & Grins. Si Kecil diajak memegang parachute dan menggoyangkan bersama-sama ke kiri dan ke kanan, lalu ke atas dan ke bawah yang ditemani mom dan miss. Setelah itu, si kecil akan di ajak masuk ke dalam Parachute, lalu di ajak bermain di atas parachute.
    Setelah sesi parachute selesai, akan ada bubble play beberapa saat dan selesai sudah aktivitas sensory class bersama Giggles & Grins.
    Tidak lupa, ada acara foto-foto bersama.
    Screenshot_20190326-221933

Bahasa yang digunakan di kelas Giggles & Grins, itu English ya mom. Mereka tidak menggunakan bahasa Indonesia. Karena saya dan papa nya sepakat mengajarkan Bahasa Indonesia terlebih dahulu, baru nanti umur 2 tahun diajari bahasa Inggris, ketika mengikuti kelas di Giggles & Grins, saya harus lebih aktif translate pada Princeton agar dia tidak bingung.

Berapa Biaya kelas di Giggles & Grins?
Biaya yang dikenakan  Rp 220.000,-/kelas dengan durasi kurang lebih 1 – 1.5 jam.

Apa saja yang perlu disiapkan jika mengikuti kelas Giggles & Grins ?

1 Set baju ganti anak
1 Set baju ganti Mom / Dad / Sus
Tisu Basah
Plastik untuk baju kotor
Handuk
Sabun
1 Kaos Kaki Anak anti slip
1 Kaos Kaki Mom / Dad / Sus
Kamera

Tips Mengikuti Kelas Giggles & Grins ?

  1. Follow Instagram @gigglesandgrins.id
    Giggles & Grins sudah menjadwalkan setiap kegiatan dan posting di tanggal 20 atau 21 setiap bulannya.
  2. Pilih lokasi yang diinginkan dan tanggal kelas yang sesuai dengan jadwal mom & dad.
  3. Registrasi dilakukan via Whatsapp, yang dimulai pada tanggal 21 setiap bulannya.
  4. Simpan nomor whatsapp Giggles & Grins ( 081298407010 ) di HP mom / dad, agar bisa gercep kebagian kelasnya.
  5. Langsung whatsapp menggunakan format pendaftaran :Child’s Name :
    Child’s Age :
    Parent’s Name :
    Class Date :
    Time :
    Number of Companion :
  6. Tunggu saja balasan wa dari Giggles & Grins. Biasa mereka akan menginfokan apakah kelas masih available atau sudah full booked. Jika masih available, mereka akan mengirimkan nomor rekening untuk transfer biaya kelas Giggles & Grins.
  7. Setelah berhasil mendaftar dan transfer, masukan ke dalam Kalender mom & dad untuk jadwal Giggles & Grins yang akan diikuti, agar tidak lupa.
  8. Mendekati hari H, pastikan untuk menjaga kesehatan dan stamina si Kecil, mom & dad ya..
  9. Datanglah minimal 30 menit sebelum jam kelas berlangsung, agar si kecil dapat beradaptasi terlebih dahulu dengan tempat, miss dan teman-teman sebayanya.
  10. Selamat mengikuti aktivitas dari Giggles & Grins yaaa…

(Tips : Gunakan baju dan kaos kaki yang biasa saja, karena ada aktivitas messy play, yang kemungkinan besar dapat membuat baju Anak & Mom & Dad, terkena noda pewarna makanan dll. Pada saat kelas berlangsung, cukup bersihkan menggunakan tisu basah saja, setelah selesai, baru cuci kaki tangan dan ganti baju).

Review :

Untuk kelas yang diselenggarakan Giggles & Grins, sejauh ini sangat baik dan jumlah sensory play yang diberikan juga lebih banyak, serta dipandu bersama miss yang aktif dan menyenangkan.
Dibagian akhir acara, Giggles & Grins juga menyediakan 1 kotak susu uht dan 1 gelas aqua untuk si kecil.
Sebagai masukan untuk Giggles & Grins, mungkin jam penyelenggaraan dapat dikaji ulang, karena saat Princeton mengikuti kelas itu start 11.30 wib dan selesai sekitar pukul 13.00 wib. Untuk pemilihan waktu, menurut saya dan papa nya itu masih kurang pas, karena jam makan siang si kecil dan orang tua.
Selain itu, akan lebih baik lagi jika si kecil diberikan sertifikat, agar lebih memorable. 🙂

Untuk mom & dad yang masih galau, mau sekolahin si kecil di usia 1 tahun, mungkin kelas-kelas yang disediakan oleh Giggles & Grins atau Kindy Cloud, bisa menjadi alternatif sekaligus mengajak si kecil bersosialisasi dengan teman sebayanya. Kelas yang disiapkan bersifat tidak mengikat dan kita bebas memilih tanggal dan lokasi yang sesuai dengan kita. Walaupun, secara harga memang agak lebih mahal dibanding sekolah biasa, namun sensory class seperti ini bisa dimasukan ke dalam list dan anggaran untuk si kecil. Selain si kecil mendapatkan pengalaman baru, mom & dad juga bisa mendapatkan ide baru untuk bermain dengan si kecil di rumah. 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *