Review RS Bethsaida Part 1 – Fasilitas Bersalin

Hi mom & dad!

Akhirnya, setelah kelahiran anak pertama di RS Bethsaida pada 2017 lalu, niat untuk berbagi pengalaman dan review RS Bethsaida belum kesampaian, karena sibuk dengan produksi asi dan kerjaan, lalu data-data harga pun terlanjur hilang entah kemana.

rs2
Hi! My name is Winston .. 🙂

 

Nah, mumpung masih baru banget lahiran anak kedua di RS Bethsaida pada Mei 2019, saya akan share seputar persalinan di RS Bethsaida Gading Serpong.

Review RS Bethsaida  Part 1 – Fasilitas Bersalin
Review RS Bethsaida Part 2 – Biaya Persalinan
Review RS Bethsaida Part 3 – Kamar VIP RS Bethsaida
Review RS Bethsaida Part 4 – Fototerapi di RS Bethsaida
Review RS Bethsaida Part 5 – Dokter Kandungan
Review RS Bethsaida Part 6 – Dokter Anak

Di Part 1 ini, saya akan berbagi mengenai Fasilitas Bersalin di RS Bethsaida. Di RS Bethsaida, menyediakan beberapa kelas kamar mulai dari kelas III sampai Presidential Suite. Saya dan suami sepakat untuk memilih kelas VIP, dengan pertimbangan jam besuk yang bebas. Untuk jam besuk di RS Bethsaida, diperbolehkan pada 11.00 – 13.00 wib dan 17.00 – 19.00 wib.

Sebelum saya review fasilitas bersalin di RS Bethsaida, berikut saya jabarkan kelas-kelas kamar yang disediakan, yaitu :

  • Kelas Presidential Suite (1 kamar, 1 pasien)
  • Kelas Super VIP (1 kamar, 1 Pasien)
  • Kelas VIP (1 kamar, 1 pasien)
  • Kelas I (1 kamar, untuk 2 pasien)
  • Kelas II (1 kamar, untuk 3 pasien)
  • Kelas III (1 kamar, untuk 5 pasien)

Yang akan saya review adalah Kelas VIP, karena saya pengalaman 2 kali memilih kamar kelas VIP untuk bersalin di RS Bethsaida. Fasilitas yang didapatkan adalah :

  • Free Wi-Fi. Walaupun dari RS Bethsaida sudah menyediakan Wi-Fi untuk guest, namun untuk pasien rawat inap, disiapkan Wi-Fi khusus untuk pasien. Namun, entah karena handphone saya atau lain hal, pada akhirnya saya menggunakan fasilitas wifi untuk pasien rawat jalan saja.
  • Free Parking. Untuk fasilitas free parking, kelas VIP mendapatkan 2 (dua) free parking selama rawat inap di RS Bethsaida.
  • Toiletries. Saya mendapatkan 1 tas toiletries yang berisi 1 buah handuk besar, 1 sabun mandi cair (mungkin sekitar 5 atau 10 ml), shampoo cair (sekitar 5 atau 10 ml), 1 pack tissue, 1 pasang sandal hotel, 1 sikat gigi dan odol kecil ciptadent. Untuk handuk, tiap hari akan diganti oleh petugas RS Bethsaida.
  • Pelengkap seperti kulkas kecil, termos air panas, pemanas air, air mineral, sofabed, bantal dan selimut juga tersedia.
  • 1 Set Pakaian RS untuk Mom. Selama di RS, pasien hanya perlu membawa 1 – 2 pakaian saja selama rawat inap. Tapi, kalau mom merasa lebih nyaman dengan pakaian sendiri, silahkan membawa sendiri pakaian dari rumah. Kalau saya, hanya membawa 1 pakaian untuk pulang dari RS.

    IMG_20190523_072517__01
    abaikan kekucelan saya..
  • Set Pakaian Bayi. Untuk bayi, RS Bethsaida juga sudah menyediakan semua perlengkapan seperti baju, celana, bedong, dan sarung tangan kaki selama rawat inap di RS Bethsaida. Mom hanya perlu membawa 2 set pakaian bayi, yang akan digunakan pada saat pulang dan jika mom berminat dengan jasa foto newborn dari RS Bethsaida, mom dapat membawa 1 atau 2 set pakaian untuk dikenakan pada saat di foto. Untuk jasa foto, dikenakan biaya Rp 250.000,- dimana mom & dad akan mendapatkan 1 Frame Foto lengkap dengan tanggal lahir anak, 1 Lembar Foto Bayi dan 1 Lembar foto bayi ukuran kecil.
  • Surat Kenal Lahir.  RS Bethsaida hanya menyiapkan surat kenal lahir anak, dan tidak membantu pengurusan Akta Kelahiran.
  • Kendil. Untuk ari-ari, RS Bethsaida akan memberikan ari-ari yang telah ditempatkan kedalam kendi untuk dibawa oleh mom & dad.
  • Buah-buahan & minuman kotak. Di hari pertama, akan diberikan 1 buah apel, 1 buah naga dan 1 buavita.
  • Pasport Anak. Buku kesehatan anak untuk kontrol ke dokter setiap vaksin atau ketika si kecil tidak enak badan.
  • Diaper Bag. Dari RS Bethsaida, pada hari disaat mom & baby akan pulang, akan diberikan 1 Diaper Bag yang berisikan beberapa produk bayi kepada mom & dad. Pada tahun 2017, saya mendapatkan 1 tas yang berisikan Popok Sweety, 1 Set produk Pure Baby (sabun, shampoo, hair lotion, sampai sabun cuci piring), 1 Pouch Sebamed (Tester Size Sabun Baby Bubble Bath, Baby Lotion, Shampoo Anti Hairloss & Moisturizing Body Lotion), 1 Set Pigeon (Sabun, shampoo & Lotion) dan 1 kaleng ukuran 400 gram Susu Formula Morinaga. Sedangkan di tahun 2019, hampers yang diberikan tidak jauh berbeda, yaitu :
1 Diaper Bag berlogo RS Bethsaida
1 Kotak Sufor Merk Nutrilon Royal
1 Set Pigeon dengan produk Sabun, Shampoo, Lotion & Breastpad
1 Set Sebamed produk Baby Bubble Bath, Baby Lotion, Shampoo Anti Hairloss & Moisturizing Body Lotion
1 Pouch Pure dengan produk sabun, shampoo, hair lotion sampai sabun cuci piring
1 Paper Bag Hampers dari BabySafe isi Alas Perlak Disposal & Breastpad

IMG_20190726_135312__01

IMG_20190726_135506__01

IMG_20190726_133258__01

IMG_20190726_134034__01__01

IMG_20190726_132823__01.jpg

IMG_20190726_133702__01

Untuk RS  lainnya, saya kurang tau apa saja fasilitas yang didapatkan, namun sepertinya tidak jauh berbeda ya. 🙂

Untuk biaya bersalin, mom & dad bisa klik Review RS Bethsaida Part 2 – Biaya Persalinan.

 

6 thoughts on “Review RS Bethsaida Part 1 – Fasilitas Bersalin

  1. hai bunda..selamaat yaa atas kelahiran anak keduanya..
    terima kasih untuk infonya..
    saya rencana ingin lahiran normal dgn dr inneke..

    untuk kelas I di bethsaida itu boleh ditemani suami di dalam tdk ya? atau suami ttp hanya bisa masuk selama jam besuk saja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *