New Mom : Asi part 1 – IMD

Hai moms to be & new moms.. 🙂
Kali ini saya mau berbagi cerita seputar ASI. Disini saya yang jelas bukan pakar ASI, yang saya bagikan adalah pengalaman pribadi baik dari penemuan pribadi ataupun hasil coba-coba setelah membaca belasan hingga puluhan cerita mengenai ASI.
Cerita ASI ini sangatlah panjang dan penuh lika liku seperti sinetron yang gak tamat-tamat , lengkap dengan protagonis (orang yang mendukung anda untuk memberikan ASI) dan Antagonis (orang yang kerjaanya bilang “Asinya gak ada nih”, “Asinya dikit”, “Anaknya gak kenyang ini” bla.. bla…bla..) terutama untuk New Born Baby and NEW Mom, sehingga saya bagi sharing mengenai ASI ini menjadi beberapa part.
Part 1 : IMD
Part 4 : ASI bulan pertama
Part 5 : ASI 3 bulan
Part 6 : Demam dan Ketiak Bengkak
Part 7 : Lemak ASI
Part 8 : Cara memperbanyak ASI
Part 9 : Cara mengelola ASI
Part 10 : Perlengkapan Ibu Menyusui
Part 11 : Jenis Pompa ASI
Part 12 : Asi Booster
Part 13 : Asupan Ibu Menyusui
Part 14 : Pijat Payudara
Sebelum masuk ke sharing ASI, saya akan ceritakan sejarah ASI dikeluarga besar saya. Mama, Tante, Nenek Tante dan seluruh struktur keluarga saya, tidak ada yang berhasil memberikan ASI. Sehingga, saya merupakan anak sufor :D.
Awalnya memang pesimis bisa memberikan ASI kepada baby Princeton. Namun, saya juga tidak patah semangat, saya berusaha membaca dan mencari tahu segala sesuatu mengenai ASI. Sampai di kehamilan 8 bulan, saya konsultasikan ke dokter kandungan saya mengenai keluarga saya yang sejarahnya tidak berhasil dengan ASI.Kita mulai dari yang paling dasar yaitu IMD. Apa itu IMD?
IMD adalah Inisiasi Menyusui Dini.
Proses ini akan dilalui semua moms ketika bersalin. Sayangnya RS bersalin saya (RS Bethsaida Gading Serpong) tidak menyediakan jasa photo atau kesempatan photo ketika bayi baru saja lahir dan digendong oleh perawat dan diletakkan di bahu kita, bersentuhan kulit dengan kulit pertama kali dengan bayi yang kita kandung selama 38 – 40 minggu. Hiks!Saya juga masih mengingat proses IMD tersebut, dimana setelah Baby Princeton dan saya saling bersentuhan kulit pertama kali selama beberapa saat. Perawat meletakan Baby Princeton pas di bahu. Setelah itu,perawat mengatakan untuk IMD. Prosesnya kalau dulu saya google sana sini sih banyak yg bilang baby akan mencari payudara dan mulai proses menyusui. Faktanya sih, kalau saya rasa cuma 5 menit aja dari bersentuhan kulit lalu bayi diarahkan langsung ke puting payudara dan diarahkan wajah baby (mulut) langsung ke puting. Paling 2-3 menit kali ya, habis itu baby nya dibawa lagi sama perawat atau dokternya.

Setelah semua prosedur operasi selesai dan kita di ruang observasi (kalau saya gak salah namanya), di infokan bayi akan di observasi selama 4-6 jam. Jika tidak ada kendala atau masalah, akan dibawa ke kamar moms.
Setelah itu, moms pelan2 akan diajarkan cara menggendong dan menyusui kembali. Nah, gimana sih ASI di hari pertama ? Moms bisa baca disini Part 2 : ASI hari pertama.
Sengaja saya bagi per part, agar moms lebih mudah membaca perihal Asi step by step. ?
Next > Part 2 : ASI hari pertama
Hello World! My name is Princeton 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *